Fakta Tentang Depresi Yang Disebabkan Oleh Media Sosial

Depresi ialah kondisi medis berupa perasaan sedih yang berdampak negatif terhadap pikiran, tindakan, perasaan, dan kesehatan mental seseorang. Banyak macam depresi yang ada pada saat ini, namun yang akan kita bahas kali ini adalah Fakta Tentang Depresi Yang Disebabkan Oleh Media Sosial.
Fakta Tentang Depresi Yang Disebabkan Oleh Media Sosial
Meski membantu kita untuk mudah terhubung dengan orang lain tanpa dibatasi waktu dan tempat, Oleh karena itu anda tak bisa lepas dari kemungkinan terjerumus ke depresi yang disebabkan media sosial. Inilah beberapa fakta depresi tersebut.

  • Emosi Berlebihan

Fakta Tentang Depresi Yang Disebabkan Oleh Media Sosial
Menggunakan jejaring sosial dapat memicu banyak emosi pada penggunanya. Walaupun jejaring sosial hanya sebatas aktivitas dunia maya, namun dampaknya sangat nyata terhadap emosi penggunanya. Bila emosi yang terus didapatkan oleh pengguna media sosial adalah emosi negatif, maka ke depannya akan memicu depresi.

Pada era digital ini tak jarang media sosial menyebabkan pertengkaran antar pasangan atau teman di dunia maya. Pengaruh jejaring sosial yang begitu besar terhadap manusia yang sudah terlanjur kecanduan bisa sangat serius, bahkan dapat mempengaruhi emosi mereka dan juga dapat menyebabkan depresi.

  • Rasa Iri

Fakta Tentang Depresi Yang Disebabkan Oleh Media Sosial selanjutnya adalah, Depresi yang biasanya timbul akibat rasa iri terhadap teman-teman. Rasa iri tersebut disebabkan oleh seseorang yang membandingkan dirinya sendiri dengan orang lain.

Tanpa kamu sadari menganggap apa yang ditampakkan oleh jejaring sosial merupakan gambaran dari kehidupan secara nyata. Hal ini salah, karena tidak setiap orang di jejaring sosial akan berbagi momen terbaik mereka dikehidupan nyata.

Karena itu, ada banyak hal dari mereka yang bersifat tersembunyi. Sayangnya citra tersebut dapat membuat seseorang membanding-bandingkan kehidupannya satu dengan yang lain, dan nantinya menyebabkan depresi

  • Lebih Berbahaya Terhadap Remaja

Fakta Tentang Depresi Yang Disebabkan Oleh Media Sosial
Sebuah hasil dari Penelitian menyatakan pengaruh jejaring sosial dan internet berbeda-beda pada setiap golongan. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh kecenderungan seseorang untuk mengalami depresi.

Namun dinyatakan juga bahwa anak-anak dan remaja dapat lebih mudah terserang depresi akibat jejaring sosial dan internet dibandingkan dengan wanita dewasa dan pria. Sementara para kaum wanita lebih mudah terkena depresi dibandingkan kaum pria.

  • Candu

Fakta Tentang Depresi Yang Disebabkan Oleh Media Sosial
Depresi yang disebabkan oleh media sosial dipengaruhi oleh penggunaan jejaring sosial itu sendiri. Bagaimana cara seseorang untuk memperlakukan jejaring sosial sebagai bagian dari hidupnya. Misalkan jika kamu menggunakan jejaring sosial hanya untuk berkomunikasi dengan teman, atau hanya untuk memantau kehidupan seseorang, ataupun juga untuk bersenang-senang saja.

Semakin serius seseorang bermain jejaring sosial, maka semakin serius juga dampak yang akan berpengaruh terhadap emosi orang tersebut. Menganggap bahwa jejaring sosial sebagai hal yang tidak terlalu penting daopat membuat seseorang lebih kecil peluangnyaa untuk terkena depresi akibat jejaring sosial.

  • Kepura-puraan

Fakta Tentang Depresi Yang Disebabkan Oleh Media Sosial
Hal yang terakhir dari Fakta Tentang Depresi Yang Disebabkan Oleh Media Sosial adalah ada satu alasan lain yang menjadi penyebab depresu oleh media sosial yaitu banyak orang yang hanya berpura-pura bahagia ketika menciptakan sebuah identitas dan citra diri mereka di dunia maya.

Sangat jarang orang yang benar-benar menunjukkan jati diri dan kehidupan mereka apa adanya di jejaring sosial. Hal semacam ini juga dapat menyebabkan depresi terhadap orang lain karena seseorang hanya menganggap kehidupannya tak sebaik orang lain.

Dan tanpa sadar, kepura-puraan yang ada di media sosial menyebabkan banyak orang menjadi depresi karena saling membandingkan kehidupan satu dengan yang lain.

Sekian ulasan mengenai Fakta Tentang Depresi Yang Disebabkan Oleh Media Sosial, intinya jangan terlalu berlebihan dalam bermain media sosial, batasi waktu dalam bermain sesuatu yang sifatnya berada di dunia maya.

Post a Comment

0 Comments