Fakta Mengagumkan Dibalik Keajaiban Piramida Mesir

Piramida Mesir merupakan salah satu dari berbagai keajaiban di dunia, bangunan ini tetap bertahan meski sudah melintasi berbagai zaman. Piramida ini tidak hanya dikagumi oleh orang awam, bahkan peneliti dan sejarawan kagum dengan bangunan yang menyimpan banyak keajaiban ini.
Fakta Mengagumkan Dibalik Keajaiban Piramida Mesir
Beberapa dari kita mungkin mengenalnya hanya untuk makam para raja mesir kuno, tetapi ada Fakta Mengagumkan Dibalik Keajaiban Piramida Mesir. Apa saja yang menjadi fakta mengagumkan dari Piramida Mesir ini? Silakan simak ulasannya dibawah ini.

  • Proses Pembangunan

Fakta Mengagumkan Dibalik Keajaiban Piramida Mesir
Pembangunan piramida ini agar dapat membuat semuanya berdiri kukuh diperkirakan membutuhkan butuh waktu sekitar 20 Tahun, dan terjadi pada tahun 2560 SM. Beberapa mengatakan para pekerja yang terlibat pada pembangunan piramida mesir mencapai 100.000 orang.

Namun, tentang siapa yang membangun piramida ini masih menjadi tanda tanya. Ada teori yang mengatakan bahwa bangunan piramida yang jumlahnya mencapai ratusan ini dibangun oleh alien, mengingat belum ada sebuah teknologi yang dapat membantu manusia pada saat itu.

  • Ukuran Bangunan

Fakta Mengagumkan Dibalik Keajaiban Piramida Mesir
Ukuran dasar dari bangunan Piramida Mesir ini memiliki luas mencapai 55.000 meter persegi, dan dengan masing-masing sisi memiliki lebar lebih dari 20.000 meter persegi. Mungkin ukurannya bukan sesuatu yang istimewa.

Tetapi tahukah kamu? Luas dari bangunan Piramida Mesir ini baru diketahui setelah berabad-abad lamanya. Dan hal yang menjadi pertanyaan bagi para ilmuwan modern saat ini adalah pengetahuan Matematika dan Astronomi yang dimiliki oleh masyarakat Mesir Kuno.

  • Temperatur Tetap

Fakta Mengagumkan Dibalik Keajaiban Piramida Mesir
Hampir seluruh bangunan di dunia memiliki temperatur yang mengikuti kondisi cuaca. Ketika cuaca panas, maka suhu di dalamnya akan naik, sebaliknya juga ketika cuaca menjadi dingin maka suhu di dalam ruangan akan menjadi sejuk.

Namun, berbeda dengan halnya temperatur yang ada di dalam piramida, salah satu yang menjadi Fakta Mengagumkan Dibalik Keajaiban Piramida Mesir ini adalah temperatur udara di dalam bangunan piramida ini bersifat konstan atau tetap, cenderung sejuk dan tidak pernah melebihi suhu 20 derajat celcius.

Walaupun bangunan ini berada di tengah-tengah padang pasir di Mesir. Temperatur tetap inilah yang mampu menjaga kondisi mumi para Firaun tetap baik selama berabad-abad.

  • Ruangan Khusus

Fakta Mengagumkan Dibalik Keajaiban Piramida Mesir
Piramida menjadi satu-satunya bangunan di Mesir yang terkenal memiliki bagian dalam yang naik dan turun. Untuk mereka yang ingin mengunjungi kamar raja, mereka harus berjalan dengan posisi membungkuk ke bawah, setelah itu baru dapat memasuki ruang raja.

Sejarawan mengatakan bahwa pembangunan piramida ini bukan semata-mata untuk makam para raja mesir kuno. Namun piramida ini dibangun untuk maksud menjadikannya rumah yang kekal bagi para raja.

Piramida Agung Giza dibangun dengan sistem terowongan yang dirancang khusus. Terdapat beberapa benda seperi berlian, emas, mahkota raja, pakaian terbaik, makanan, madu, dan mumi kucing di dalamnya. Benda-benda tersebut dipercaya dapat menemani dan melayani raja di akhirat.

  • Dapat Memancarkan Cahaya

Fakta Mengagumkan Dibalik Keajaiban Piramida Mesir
Pada awal keberadaannya, Bangunan Piramida ditutupi oleh lapisan batu kapur. Lapisan inilah yang mampu memantulkan cahaya dari matahari sehingga membuat piramida dapat bersinar dan mengeluarkan cahaya layaknya berlian.

Namun, lapisan batu kapur ini kemudian tidak ada lagi karena orang-orang Arab menggunakannya untuk membangun masjid setelah gempa bumi pada abad ke-14. Padahal jika dibiarkan tetap ada, arkeolog mengklaim bahwa piramida dapat memancarkan cahaya layaknya sebuah cermin raksasa.

  • Dapat Memperkuat Sinyal WiFi

Fakta Mengagumkan Dibalik Keajaiban Piramida Mesir
Fakta Mengagumkan Dibalik Keajaiban Piramida Mesir yang paling terbaru adalah para sejarawan mengatakan ada teknologi pada piramida mesir yang dapat memperkuat sinyal WiFi. Bangunan piramida dapat memusatkan energi elektromagnetik pada ruang-ruang dan dasar bangunannya.

Hal ini mungkin tidak disadari oleh orang mesir kuno, namun sangat bermanfaat untuk kehidupan masyarakat sekitar pada zaman selanjutnya. Dengan bangunan yang memiliki bentuk runcing pada bagian atasnya, radiasi dari energi elektromagnetik, termasuk cahaya tampak, gelombang mikro dan gelombang radio selalu terkumpul, sehingga mampu memperkuat sinyal WiFi.

Itulah beberapa Fakta Mengagumkan Dibalik Keajaiban Piramida Mesir, namun hingga sekarang, bangunan yang berdiri semenjak masa pemerintahan Firaun Khufu ini masih menyimpan tanda tanya besar di benak semua orang. Bagaimana Piramida Mesir dibangun dengan konstruksi batu-batunya yang memiliki berat dalam satuan ton. Sedangkan pada zaman mesir kuno belum ada teknologi yang mampu mengangkut beban seberat itu.

Jika menurut kamu informasi ini menarik dan berguna, silakan bagikan artikel ini agar dapat menambah wawasan orang yang melihatnya, sekian pembahasan kali ini, semoga kamu mendapatkan informasi yang bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments