Berbagai Hal Aneh Di Papua Indonesia

Papua merupakan sebuah pulau yang terletak di sebelah utara Australia dan juga merupakan bagian dari wilayah timur Indonesia. Sebagian besar daratan Papua masih berupa hutan belantara. Merupakan pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland.
Berbagai Hal Aneh Di Papua Indonesia
Selain ritual adat, ada Berbagai Hal Aneh Di Papua Indonesia yang menarik untuk kita bahas, seperti buah, fenomena, sejarah, dan lainnya. Siap-siap untuk terkejut dengan pembahasan artikel ini, karena masih banyak orang yang belum mengetahui seluk beluk tentang Papua.

  • Buah di Papua

Pembahasan pertama mengenai Hal Aneh Di Papua adalah Buah. Ada 5 Buah Aneh yang hanya bisa kamu temukan di Papua, diantaranya sebagai berikut :
  1. Buah Merah
    Salah satu buah khas Papua dan hanya bisa dijumpai di sana. Seperti namanya, buah ini berwarna merah dan juga termasuk di bagian dalamnya. Biasanya, buah merah dipakai sebagai santapan pendamping ketika melakukan tradisi Bakar Batu.

    Selain rasanya enak, buah ini juga mengandung khasiat obat. Banyak orang yang percaya buah ini dapat menjadi obat mujarab untuk mengatasi berbagai penyakit seperti diabetes, hipertensi, jantung, bahkan kanker. Tidak hanya itu, buah merah juga kaya zat antibodi serta dapat membuat cadangan energi yang melimpah bagi yang memakannya.

  2. Matoa
    Buah Matoa mungkin sudah tidak asing di telinga kita. Karena buah ini sudah banyak tersedia di supermarket atau pasar. Buah yang sudah dikenal di Indonesia ini ternyata aslinya berasal dari Papua. Entah bagaimana caranya Buah Matoa dapat menyebar luas ke berbagai daerah di Indonesia.

    Fisik luar buah ini mirip sekali dengan alpukat, mangga, ataupun kedondong. Tapi, berwarna putih di bagian dalamnya. Memiliki cita rasa yang unik, yaitu seperti kombinasi antara kelengkeng dan durian. Walaupun sudah banyak tersedia, buah ini di banderol dengan harga yang mahal, karena masuk kategori buah langka.

  3. Musa Ingens
    Sebenarnya tak ada bedanya antara Musa Ingens dengan Pisang lainnya, karena pada dasarnya Pisang itu bukan tanaman endemik alias khas. Hanya saja ukurannya yang mengangumkan, dan pisang yang jenisnya Musa Ingens dipastikan hanya ada di Papua saja. Namun ternyata meskipun besar dan kelihatan lezat, sayangnya pisang ini tak bisa dinikmati. Ketika dimakan rasanya ternyata hambar.

    Pisang Musa Ingens bisa memiliki ukuran sampai selengan orang dewasa serta punya diameter yang cukup besar. Pohonnya sendiri juga luar biasa besar. Batang dari pohon pisang Musa Ingens dapat tumbuh sampai sekitar 15 meter dan dengan diameter lebih dari satu meter. Musa Ingens sendiri hanya dapat ditemui di hutan Papua dan sangat sulit untuk dibudidayakan.

  4. Rabon Bi
    Jangankan rasanya, bentuknya saja pasti belum banyak orang yang tahu. Buah yang satu ini sebenarnya tidak benar-benar asing lantaran sudah banyak orang yang memanfaatkannya. Hanya saja, Buah ini memang hanya terdapat di Papua sehingga jarang kita temui.

    Dari bentuknya mirip dengan jambu air tetapi memiliki tepian dan juga berserat serta memiliki warna yang selalu hijau. Jika dibelah buah ini memiliki semacam tempurung dengan inti berwarna putih. Kalau soal penggunaan, Rabon Bi ini tidak dikonsumsi melainkan sebagai obat khusus untuk mata, caranya adalah dengan meneteskan sari patinya.

  5. Bintanggur
    Buah yang satu ini bisa dibilang relatif baru bahkan di Papua sendiri. Jika dilihat dari bentuknya, Bintanggur terlihat biasa saja dengan wujud bulat hijau dan bergerombol. Buah ini merupakan endemik alias hanya terdapat di Papua. Dibandingkan buah Papua lainnya, Bintanggur ini sangat unik, karena tidak untuk dimakan atau dijadikan obat, tetapi dimanfaatkan dengan cara lain.

    Siapa yang menyangka jika buah ini ternyata mengandung minyak yang bisa dipakai sebagai bahan bakar. Cara membuatnya pun sangat mudah, hanya perlu dikeringkan lalu disaring sampai minyaknya keluar. Bisa jadi solusi untuk alternatif bahan bakar.

  • Fenomena di Papua

Pembahasan selanjutnya mengenai Hal Aneh Di Papua adalah Fenomena. Ada beberapa fenomena di Papua, diantaranya sebagai berikut :
  1. Salju di Gunung Carstenz
    Gunung Carstenz adalah gunung yang tertinggi di Papua yang di puncaknya terdapat salju abadi, dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl dan menjadi salah satu dari Seven Summit Continental. Gunung ini merupakan rangkaian dari Pegunungan Jaya Wijaya di Taman Nasional Lorentz.

    Terdapat pemandangan Danau Biru, bebatuan abu-abu yang besar, dan awan yang menyelimuti Gunung ini terlihat jelas. Jika ingin mendaki Gunung Carstenz, kamu harus menyiapkan perbekalan dan ketahanan fisik untuk mendaki selama sekitar 11 hari. Pendakian Gunung Carztens bisa dimulai dari Sugapa di kabupaten Puncak Jaya.

  2. Pasir Putih di atas Bukit
    Jika pasir putih identik dengan pantai, berbeda di Wamena, sebuah distrik di Kabupaten Jaya Wijaya, Papua. Di sini kamu akan takjub ketika melihat hamparan luas pasir putih yang ada di atas bukit.

    Bukit tersebut bernama Bukit Sumpula. Cukup mudah jika ingin datang ke sana. Dari Wamena, hanya perlu memakan waktu sekitar 45 menit. Dan ada 6 lokasi yang memiliki hamparan pasir putih yang luas.

    Cukup melelahkan untuk mendaki sampai di puncaknya. Tapi, jika dari atas ketinggian, kamu akan melihat sebuah pemandangan yang kontras antara batu berwarna abu-abu dan rerumputan yang hijau. Wamena memang tidak memiliki pantai.Tetapi bukit berpasir putih ini cukup memberi gambaran kepada anak-anak di Wamena, bagaimana rasanya bermain di tepi pantai.

  3. Telaga Biru yang Berwarna Hijau
    Telaga ini berlokasi di Distrik Maima, Wamena. Dari Distrik Maima, kamu harus trekking untuk mencapai lokasi Telaga Biru. Telaga yang tersembunyi di balik bukit terjal, dikelilingi oleh tebing hijau yang menghalanginya. Telaga ini juga dianggap sakral oleh penduduk sekitar. Konon, telaga ini adalah tempat munculnya manusia pertama kali di bumi.

    Fenomena yang terlihat di telaga ini adalah dari warnanya yang hijau toska. Entah darimana asal warna hijau tersebut. Selain itu, ada sebuah larangan untuk berenang di sini dan harus dipatuhi oleh para turis. Menurut warga sekitar, dulu ada turis yang berenang dan menemukan Honai (rumah adat Suku Dani) di dalam telaganya.

  • Sejarah di Papua

Pembahasan selanjutnya mengenai Hal Aneh Di Papua adalah Sejarah di Papua. Diantaranya sebagai berikut :
  1. Lukisan Prasejarah Berbentuk Mirip Alien
    Tim Arkeolog Papua menemukan sebuah lukisan misterius pada bebatuan yang terletak di Tanjung Bicari, dekat kota Kaimana, Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat, yaitu gambar yang berserakan pada bebatuan yang terletak di kawasan yang sulit dijangkau.

    Gambar dengan beraneka bentuk, mulai dari hewan, tumbuhan, hingga berbagai peralatan sehari-hari. Gambarnya  cukup aneh, bahkan ada yang mirip dengan gambar alien atau makhluk asing yang belum dikenal.

    Tim Arkeologi dari Jayapura tengah berupaya keras untuk mengungkap misteri dari gambar di tebing bebatuan tersebut. Apalagi kawasan Tebing ini memiliki pemandangan yang indah sehingga banyak wisatawan yang datang.

  2. Mumi di pedalaman Indonesia
    Tak perlu jauh-jauh pergi ke Mesir. Di Wamena, ada mumi Papua yang rupanya tidak kalah 'seram' dari mumi Mesir. Berwarna hitam dengan lekuk tubuh yang terlihat jelas. Mumi tersebut tidak dalam posisi tidur, tetapi duduk sambil kedua tangannya memegang lutut dan posisi kepala yang mendongak ke atas.

    Mumi Papua ini tidak dibalut dengan perban dan jumlahnya hanya sekitar 6 di Wamena, dan yang paling terkenal adalah di Kampung Sompaima, Distrik Kurulu. Proses dari pembuatan mumi ini yaitu dijemur kemudian dikeringkan di gua. Mayat yang dijadikan mumi pun bukan orang yang sembarangan. Para mumi tersebut ialah para kepala suku atau panglima perang. Berumur sekitar 300 tahun.

    Dan yang lebih mencengangkan adalah, Para kepala suku atau panglima perang tersebut, berpesan agar dijadikan mumi untuk memberikan kesejahteraan bagi para masyarakat sekitar dan sukunya.
Sekian pembahasan mengenai Berbagai Hal Aneh Di Papua Indonesia semoga artikel ini dapat membuat kamu lebih mengenal tentang Papua, namun tidak hanya hal-hal di atas, masih banyak hal lain yang menarik untuk kamu ketahui tentang Papua. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Papua
https://www.boombastis.com/buah-aneh-papua/81818
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2015/07/27/5-keajaiban-papua-yang-tak-banyak-kita-tahu
https://indocropcircles.wordpress.com/2015/12/19/heboh-lukisan-prasejarah-berbentuk-alien-di-papua-barat/

Post a Comment

0 Comments